Cara Mengubah File Word Ke PDF

Bagi anda pengguna aktif di komputer/laptop yang telah terbiasa mengerjakan tugas ataupun pekerjaan apalagi di perkantoran tidak lepas dengan file word dan Pdf. Terkadang baik itu atasan ataupun kepala sekolah jika anda bekerja di pendidikan adakalnya mereka meminta file yang anda buat di microsoft word menjadi sebuah file PDF dengan alasan yang berbeda-beda.

Karena pengalaman saya juga yang terkadang harus mengumpulkan nilai ataupun berkas lainya menjadi file Pdf yang sebelumnya adalah file microsoft word. Dari latar belakang diatas saya akan mencoba berbagi sedikit tips dan trik komputer bagi pengguna aktif komputer yang biasa mengolah data-data file word yang ingin diubah menjadi file PDF, Berikut tutorialnya silahkan disimak dan dipahami dengan baik.

Cara Mengubah File Word Ke PDF :

  • Jika anda ingin mengubah file word ke pdf secara offline artinya menggunakan aplikasi microsoft word saya pastikan anda telah menggunakan Microsoft Word versi 2010 keatas untuk menampilkan menu fasilitas convert ke pdf
  • Jika anda masih menggunakan Microsoft word 2007 tenang saja fasilitas convert ke pdf masih bisa di instal secara manual, karena memang bawaan dari Microsoft word 2007 tidak disediakan convert Pdf untuk itu bagi pengguna Microsoft word 2007 silahkan download terlebih dahulu Add-On PDF untuk Microsoft word 2007 DISINI
  • Jika anda pengguna aplikasi office 2003 kebawah silahkan buka saja file word tersebut dengan office 2007 ke atas maka file tersebut nantinya bisa diubah menjadi PDF
  • Buka file word yang anda ingin ubah menjadi PDF 
  • Klik Button Office Word (menu tombol berlambang Office jika anda pengguna Office 2007 jika anda pengguna Office 2010 keatas maka label tombolnya menu File)
  • Pilih Save As pada pilihan Save as Type silahkan pilih file PDF untuk lebih jelas anda dapat melihat gambar dibawah ini.
Cara Mengubah FIle Word ke PDF
Pilih Menu File - Save As

Cara Mengubah FIle Word ke PDF
Pilih PDF pada Save as type

Demikianlah tutorial cara mengubah file word ke pdf secara offile dengan aplikasi microsoft word versi 2007 keatas. adapun jika anda masih mendapatkan hasil yang kurang memuaskan atau kurang sempurna anda juga dapat mengubah file word ke PDF secara Online melalui situs website penyedia convert word ke pdf secara online salah satunya adalah SmallPDF.com, berikut tutorialnya.



Cara Mengubah File Word Ke PDF Secara Online :

  • Silahkan kunjungi website resmi SmallPDF untuk fasilitas konversi file word ke pdf DISINI
  • Pilih file word yang ingin anda ubah menjadi file PDF dengan Pilih tombol Choose file 
  • Cari file word anda dan tunggu sampai proses convert word ke pdf selesai
  • Untuk waktu ubah file word ke pdf tergantung dari banyaknya jumlah halaman file word anda semakin banyak halaman maka waktu yang dibutuhkan juga semakin lama.
  • Setelah proses selesai silahkan download file Pdf hasil convert (untuk lebih jelas silahkan lihat gambar tutorial dibawah ini)
Cara Mengubah FIle Word ke PDF
Pilih file word yang ingin di konversi

Cara Mengubah FIle Word ke PDF
Download Hasil Convert

Kesimpulan :

Untuk mengubah file word anda menjadi PDF jika anda menggunakan secara offline keuntunganya anda tidak perlu harus terkoneksi internet tetapi kelemahaanya jika anda mengubah file word ke pdf dengan banyak halaman terkadang proses sering gagal.
Untuk mengubah file word anda menjadi PDF menggunakan secara Online keuntungnya engine yang telah dibuat oleh website SmallPDF sudah baik dan teruji jadi kemungkinan gagal dalam konversi ke PDF itu sedikit, Kelemahaanya anda harus memiliki fasilitas koneksi internet yang stabil agar proses dapat berjalan dengan baik.

Kemungkinan itu saja yang dapat JamiatAbdillah.Net sampaikan tutorial yang simpel ini, walaupun ini simpel terkadang kita bingung untuk mengubahnya, semoga dapat bermanfaat untuk kita semu. Baca juga tutorial Cara Mengecilkan File PDF.


Artikel Terkait :

2 komentar

Click here for komentar
AnnadainiN
admin
11 September 2015 at 14:07 ×

langsung dicoba nih
untuk convert word ke pdf mudah
makasih infonya

Reply
avatar
Unknown
admin
13 January 2016 at 17:53 ×

That is an awesome site. Exceptionally useful material i found. . e-commerce web design

Reply
avatar

Silhakan memberi Komentar, Kritik, atau Saran ConversionConversion EmoticonEmoticon