Cara Mengembalikan File Yang Terhidden Di Flashdisk

Walupun malam terasa dingin tapi tetep mau posting tentang Tutorial Komputer yaitu Cara Mengembalikan file yang terhidden di flashdisk menggunakan windows, Sebelumnya ane udah pernah posting tentang Cara shutdown otomatis di windows, Kemarin flashdisk ane terkena virus bulu bebek setelah itu sebagian data file ku di flashdisk hilang. Waktu ane scan pakai anti virus, ane lihat di kotak searchnya muncul nama-nama file yang ku anggap sudah hilang tadi. Ternyata file ku terhidden yah. Jahat banget tuh yang bikin virus. Kurang kerjaan aja.

Sengaja aku memposting artikel "mengembalikan file yang terhidden di flashdisk" ini hanya untuk berbagi pengalaman aja kepada teman-teman semua. Ok sebelum memulai tutorial saya ingin pastikan bahwa flashdisk anda memang benar-benar terhidden silahkan cek size flashdisk dengan cara klik kanan dipartisi flashdisk kemudia pilih propertis, jika isi size data ada tetapi tidak tampil semua data di flashdisk berarti benar flashdisk anda terhidden.

Cara untuk mengembalikan file yang terhidden :


  • Masuk ke CMD (command prompt) dengan cara klik menu Start  >> RUN >> Ketik cmd  >> OK
  • Setelah tampil, ketikan partisi drive flashdisk contoh yang saya praktekan ditutorial ini flashdisk saya ada di E:
  • Kemudian ketikan perintah berikut :  attrib -s -h *.* /s /d

  • Setelah itu tunggu beberapa menit, sampai proses selesai (jika isi data di flashdisk besar maka proses juga semakin lama)

Cara Mengembalikan File Yang Terhidden Di Flashdisk
Langkah-langkah tutorial
Keterangan :
  • Attrib = attribute atau sifat dari suatu file
  • -s = berfungsi supaya file kembali dikenal oleh windows
  • -h = berfungsi menampilkan kembali file yg tersembunyi/disembunyikan
  • e: = Silahkan ganti dengan lokasi flash disk dikomputer
  • /s /d = perintah attrib akan dikenakan pada semua file dan folder yang berada di dalam folder

Langkah ini berlaku disemua partisi hardisk/disk jadi bukan hanya diflashdisk saja, Ok selamat mencoba jika masih tidak tampil kita masih bisa diskusi di komentar.


Artikel Terkait :

36 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
6 April 2014 at 22:21 ×

Alhamdulillah berhasil. File di flashdisk hasil meeting selama 4 hari Ǥga hilang. Terimakasih banyak.

Reply
avatar
Unknown
admin
7 April 2014 at 16:08 ×

ok om, sama-sama ^-^

Reply
avatar
dito
admin
18 May 2014 at 15:40 ×

Trimakasih pak dosen ^_^ .

Reply
avatar
Fathul Mubin
admin
3 June 2014 at 22:10 ×

Trik yang jitu, file saya kembali terlihat dan muncul

Reply
avatar
Unknown
admin
11 July 2014 at 00:30 ×

makasih pak artikelnya sangat bermanfaat...
alhamdulillah file terselamatkan...

Reply
avatar
Unknown
admin
14 August 2014 at 23:24 ×

makasih artikelnya gan, jadi tambah ilmu bisa slamet filenya

Reply
avatar
RFH Blog
admin
21 August 2014 at 21:29 ×

berguna banget kang

Reply
avatar
Unknown
admin
22 August 2014 at 11:16 ×

mas, punya q blm bs knp ya

Reply
avatar
Unknown
admin
22 August 2014 at 11:17 ×

tolong dunk bisa dibantu,, folder foto2 ank q dr kecil ni,, duuuhhh syg bgt, tolong y gan

Reply
avatar
26 August 2014 at 15:33 ×

gak bisa kenapa mbk ika ??? bisa di share pesan error ya ? ya insyalloh saya bantu sebisa saya

Reply
avatar
Unknown
admin
27 August 2014 at 16:03 ×

Nice gan, thanks :v

Reply
avatar
Unknown
admin
2 September 2014 at 20:19 ×

makasih buanget bang, artikel umak sangat bermanfaat, lanjutkan bikin yang bermanfaat lainnya bang, makasih :)

Reply
avatar
Eka
admin
3 September 2014 at 10:31 ×

trims bang smoga menjadi amalan buat abang..

Reply
avatar
hulaimy
admin
4 September 2014 at 10:34 ×

assalamu'alaikum...
mas saya ada masalah dgn flashdisk.
awalnya saya copy data dari komputer lain dan akhirnya semua data dalam flshdisk saya berubah menjadi “folder : found.000 dan recycler” size tidak terlihat.

saya sdh coba cara yg mas ajarkan diatas tp tetap masih seperti itu.
di autoruns tdk terlihat ada worm dgn nama acak.vbs.
dgn hidden file tool yg terlihat (sample) :
file names : I:\found.000\file000.chk
folder : chk
attributes : kosong
information : attribute changed

via cmd jg sdh saya coba.
hasil dari semua sama, isi flashdisk saya hanya “folder : found.000 dan recycler” total kapasitas 500an MB.

kira2 flashdisk saya ini kena virus apa ya mas?
sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Reply
avatar
5 September 2014 at 11:31 ×

itu kena virus lokal mas, cara bersihinya mas pake komputer/laptop temen yg punya antivirus yang udh di update biar di scan terlebih dahulu....

Setelah itu baru jalankan perintah sesuai postingan ini ...

Reply
avatar
23 September 2014 at 13:23 ×

Thanks gan :D Alhamdulillah bisa :D

Reply
avatar
Unknown
admin
24 September 2014 at 09:37 ×

Terima kasih....sungguh sangat membantu :)

Reply
avatar
Unknown
admin
24 September 2014 at 09:38 ×

Terima kasih sangat membantu :)

Reply
avatar
Unknown
admin
30 September 2014 at 06:01 ×

gan, saya mw nanya donk ?? saya udh coba gt tapi kok pas di enter ad tulisan attrib is not recognized as an internal or external command yah ?? mohon bantuannya gan ??

Reply
avatar
30 September 2014 at 21:26 ×

klw kyk gitu ada 2 kemungkinan kesalahaan gan...
1. Windows agan udh kurang baik
2. Agan salah ketik attrib

Coba agan cek lagi, klw perlu langsung di printscreen aja hasilnya disini klw masih salah

Reply
avatar
aryoarchi
admin
6 December 2014 at 16:48 ×

wkwkw bikin ngakak aja mi postingan lo ini

Reply
avatar
8 December 2014 at 17:14 ×

hehe postingan tahun 2010 itu yoo, waktu masih luguh :D

Reply
avatar
Unknown
admin
15 April 2015 at 10:23 ×

tapi kenapa file ku kok hilang semua?

Reply
avatar
23 June 2015 at 12:32 ×

Thanks gan, berguna banget buat ane

Reply
avatar
Unknown
admin
11 August 2015 at 14:02 ×

mas flashdisk saya juga terkena masalah yang sama di autoruns tdk terlihat ada worm dgn nama acak.vbs.
dgn hidden file tool yg terlihat (sample) :
file names : I:\found.000\file000.chk
folder : chk
attributes : kosong
information : attribute changed

via cmd jg sdh saya coba.
hasil dari semua sama, isi flashdisk saya hanya “folder : found.000 d
bagaimana mengembalikan data di flashdisk saya mas
mohon info nya yang lengkap, terimakasih

Reply
avatar
14 August 2015 at 06:21 ×

Untuk ukuran size dari flashdisknya terpakai sesuai gak dng datanya ?

Reply
avatar
el-pacino16
admin
14 October 2015 at 20:52 ×

Thanks gan, It works!! tapi, setelah ane cabut FD , trus colokin lagi ke lepi ane, kok kayak gitu lagi gans, ada file shotcut FD ane sama System Volume Information. Nah itu gimana gans ??

Reply
avatar
24 October 2015 at 22:18 ×

gagal min.. access denied. gimana nih? need help

Reply
avatar
27 October 2015 at 10:21 ×

Itu karena laptop agan yang udah kena virus, lebih baik diinstal ulang laptopnya terus instal & update antivirus gan

Reply
avatar
1 November 2015 at 21:48 ×

thx's berat buat ilmunya :)

Reply
avatar
Unknown
admin
29 December 2015 at 17:37 ×

makasih banyak mas , file file saya ilang panik setengah mati bisa muncul lagi

Reply
avatar
Unknown
admin
13 April 2016 at 13:58 ×

di saya nga berfungsi gan ...
ruang yang kpakai sampai 2,3g sedangkan di flashdisk cuma ada 296mb..
help me...

Reply
avatar
24 June 2016 at 15:29 ×

kalau di macbook air gimana caranya ya gan?

Reply
avatar
24 July 2016 at 12:09 ×

ini berlaku untuk windows gan

Reply
avatar

Silhakan memberi Komentar, Kritik, atau Saran ConversionConversion EmoticonEmoticon