Cara Membangun Perusahaan Logistik Mulai dari yang Sederhana


logistik

Perusahaan logistik merupakan bisnis yang menjadi media pengiriman suatu barang entah itu dalam ukuran besar atau kecil kepada pelanggan yang membutuhkannya baik itu dalam negeri atau luar negeri. Layanan-layanan yang disediakan pada umumnya meliputi jasa pengiriman, mengangkut barang, dan pengaturan produk-produk yang akan dikirimkan.

Dengan adanya fasilitas yang seperti itu, tentu akan ada banyak perusahaan yang memanfaatkan bisnis itu untuk menaikan efisiensi bisnis mereka. Karena semakin banyak pelaku bisnis yang membutuhkannya, tidak sedikit orang yang mau membangun perusahaan logistik sendiri.

Buat kamu yang mau membuka bisnis yang terbilang menguntungkan ini, kamu harus tahu dulu potensi apa yang ada. Seperti di bawah yang bisa menjadi gambaran kamu yang mau membangunnya dari awal dan sederhana.

1. Tentukan jenis layanan
Saat membicarakan layanan logistik, kamu tidak hanya berurusan dengan satu layanan saja, karena masih ada banyak layanan lainnya yang harus kamu pertimbangkan. Layanan-layanan itu antara lain, penyimpanan barang, transportasi untuk darat, laut, atau udara, pengiriman produk dalam bentuk paket wadah, dan manajemen pasokan yang harus terintegrasi.

Dari layanan itu, kamu harus menentukan jenis layanan yang mau kamu tawarkan ke masyarakat. Pikirkan baik-baik agar keuntungan datang kepadamu. Kalau kamu mulai dari nol, lebih baik pilih dari jenis yang paling sederhana dulu, lalu kalau sudah mulai sukses, kamu bisa mengembangkannya lagi.

2. Mendaftarkan bisnis
Dalam menjalankan suatu bisnis, mendaftarkan bisnis yang dipunya wajib hukumnya kalau kamu bersaing dengan kompetitor lainnya dan memberikan kepercayaan terhadap masyarakat tentang bisnis kamu. Maka itu, mendaftarkan perusahaan logistik kamu ke kantor terkait akan memberikan nilai tambah untuk jasa kamu dan masyarakat akan menilai kalau usaha kamu benar-benar ada dan terpercaya.

Di Indonesia, jasa logistik berbeda hukumnya dari luar negeri. Perusahaannya bisa menjadi perorangan, komanditer atau CV, dan PT. Daftarkan namanya sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Persiapan modal
Membangun jasa logistik sangatlah tidak gampang, tidak ada kecuali untuk modalnya. Kamu harus memakai jumlah modal yang tidak sedikit bahkan kamu bisa mengeluarkan miliayaran untuk membuka perusahaan logistik yang sederhana.

Modal-modal itu harus kamu cairkan menjadi fasilitas, jenis layanan yang dipakai, kendaraan logistik, teknologi yang dipakai, dan perlengkapan atau peralatan lainnya yang harus kamu butuhkan. Maka itu, kamu harus menyiapkan modal yang sangat banyak untuk memulai usaha ini.

Kalau kamu menyediakan fasilitas dan layanan yang lengkap, investor akan gampang melirik kamu dan meminta kamu untuk bekerja sama dengan mereka. Kalau begitu, kamu bisa mendapat penanaman modal lebih untuk jangka waktu yang panjang.

4. Promosi
Tidak akan ada masyarakat yang tahu kalau kamu tidak mengeluarkan promosi yang menarik untuk layanan logistik yang kamu punya. Melalui promosi, kamu bisa membangun kedekatan dengan masyarakat karena mereka bisa tahu layanan apa yang kamu berikan pada mereka.

Pakai media apa pun sebagai alat promosi kamu entah itu dari internet, media sosial, atau TV dan radio.

5. Teknologi
Bisnis logistik tentu membutuhkan teknologi yang mutakhir agar bisa semua prosesnya berjalan lancar dan baik. Tracking menjadi salah satu contoh teknologi logistik yang harus kamu punya. Tanpa ada teknologi itu, kamu akan susah menemukan barang yang sedang dikirim.

Kamu bisa melihat contohnya dari Sera yang berada di naungan SELOG. Perusahaan logistik ini menyediakan layanan yang bermacam-macam sehingga kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi sesuai dengan kemauannya. Kamu bisa menggunakan jasa ini dengan membuka website sera.astra.co.id.

Mereka bisa mengirim barang apa pun ke luar negeri dan dalam negeri dengan sistem pengiriman yang aman dan lengkap. Secara real time, mereka juga akan mengontrol produk-produk apa pun yang datang ke tempat penyimpanan mereka. Jadi, kalau ada barang yang rusak, mereka bisa langsung mengurusnya.

Daripada kamu ribet pilih perusahaan logistik lain, buka sera.astra.co.id dan pilih jaringan logistiknya yang bisa kamu gunakan sesuai kemauan kamu.

Artikel Terkait :

Silhakan memberi Komentar, Kritik, atau Saran ConversionConversion EmoticonEmoticon