Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soalnya



Kali ini informasi akan mencakup secara keseluruhan bagaimana menghitung keliling lingkaran disertai dengan 3 contoh pertanyaan tentang melihat sekeliling lingkaran saja dengan jawaban untuk diskusi. Setelah meninjau artikel sebelumnya, kami telah membahas perhitungan luas lingkaran dengan beberapa contoh pertanyaan mudah, untuk kali ini kami akan mencoba menganalisis bagaimana menyelesaikan masalah matematika, terutama yang terkait dengan topik mencari keliling nilai-nilai. 

Selain itu, dalam artikel ini kita juga akan belajar bersama untuk mengerjakan beberapa contoh pertanyaan tentang lingkaran, mencari keliling dan luas lingkaran.

Lingkaran adalah gambar dari dua (2) dimensi yang menggambarkan bahwa lingkaran tidak memiliki sudut. Berbeda dengan konstruksi datar dua (2) dimensi lainnya, lingkaran ini sangat unik karena tidak memiliki sudut, ia memiliki model yang tak terbatas, jika dilipat itu juga akan mendapatkan lipatan yang tak terbatas. Lingkaran memiliki beberapa bagian yang mencakup jari-jari, diameter dan pusat lingkaran yang harus Anda pahami sebelum membahas rumus-rumus dalam lingkaran.

Bagian-bagian lingkaran

Pusat lingkaran, adalah titik tengah yang memiliki jarak yang sama dari titik terluar. Jadi, jika Anda mengukur titik tengah lingkaran atau biasa disebut pusat lingkaran dengan titik terluar (apa pun itu), jaraknya akan sama.

Jari-jari lingkaran adalah jarak dari pusat lingkaran ke titik terluar. Diameter lingkaran adalah titik perpotongan titik terluar lingkaran yang melewati titik pusat lingkaran yang membentuk garis lurus. Diameter normal dikatakan 2 kali radius.

Pada dasarnya, rumus keliling lingkaran sangat penting untuk dipahami karena rumus ini adalah konsep dasar untuk menguasai materi berikut, misalnya, untuk mencari volume tabung, luas permukaan tabung, volume kerucut, luas permukaan kerucut dan area lingkaran lingkaran. Bagaimana Anda melihat rumus untuk luas lingkaran? Nah, untuk itu kita hanya melihat bagaimana cara menghitung keliling lingkaran selanjutnya.


Rumus Keliling Lingkaran

Rumus untuk mencari keliling lingkaran jika jari-jari telah diketahui. Jika jari-jari lingkaran diketahui maka rumus untuk mencari keliling lingkaran yakni:

Keliling Lingkaran = π × d

Atau anda juga bisa mengetahui jika diameternya tidak di ketahui oleh karenanya kita menggunakan jari-jari untuk menghitung berapa keliling lingkaran. Rumus yang digunakan adalah sebagai = 2 × π × r
Sedangkan rumus untuk mencari diameter lingkaran adalah sebagai berikut: Diameter = 2 × r.

Keterangan:
π = phi = 22/7 atau 3,14
d = diameter, satuannya tergantung pada soal, biasanya menggunakan meter (m)
r = jari-jari, satuannya tergantung pada soal, biasanya menggunakan meter (m).

Perlu diketahui, jari-jari pada lingkaran yang diketahui merupakan kelipatan dari 7 maka gunakan π = 22/7, sedangkan jika jari-jari lingkaran yang diketahui merupakan bukan kelipatan dari 7 maka gunakan π = 3,14. Nah, agar anda lebih paham dalam menghafal rumus keliling lingkaran, ayok kita coba menyelesaikan soal keliling lingkaran berikut ini.

Contoh Soal Keliling Lingkaran

Contoh soal 1:
Berapa keliling sebuah lingkaran jika diameternya 30 cm?

Jawaban:
Keliling = π x d
= 3,14 x 30
= 94,2
Jadi keliling lingkaran adalah 94,2 cm

Contoh Soal 2:
Hitunglah keliling lingkaran dengan jari-jari 60 cm.
Diketahui:
r = 60 cm
π = 3,14
Ditanyakan: Keliling lingkaran?

Jawaban:
Keliling = 2 × π × r
Keliling = 2 × 3,14 × 60
Keliling = 376,8 cm
Jadi, keliling lingkaran tersebut adalah 376,8 cm

Contoh Soal 3:
Hitunglah keliling lingkaran dengan diameter 20 cm?
diketahui:
d = 20 cm
π = 3,14
Ditanyakan: Keliling lingkaran?

Jawab:
Keliling = π × d
Keliling = 3,14 × 20
Keliling = 62,8 cm
Jadi, keliling lingkaran tersebut adalah 62,8 cm.

Sekian dulu ulasan dan pembahasan kita kali ini tentang cara menghitung keliling lingkaran beserta contoh pada latihan soal dan jawaban pembahasannya yang telah dibagikan. Semoga manfaat..

Artikel Terkait :

Silhakan memberi Komentar, Kritik, atau Saran ConversionConversion EmoticonEmoticon