Apa itu Domain dan Hosting? Berikut Penjelasannya

pengertian domain
Bagi anda yang ingin atau telah memiliki sebuah website pastinya anda akan didatangkan dengan istilah domain dan hosting. Ada sebagian masyarakat yang masih belum mengetahui secara detail tentang domain dan hosting didalam dunia website.

Pengertian Nama Domain

Nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server.

Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "jamiatabdillah.net" atau "google.com" dan lain sebagainya. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Bagaimana Cara Mendapatkan Nama Domain?

Untuk mendapatkan nama domain anda harus mendaftarkannya ke perusahaan penyewa domain & hosting. Diindonesia sudah banyak perusahaan penyewa domain diantaranya adalah niagahoster.co.id yang menurut saya bagus dan pelayanan suportnya aktif 24 jam disamping itu ada diskon hampir tiap harinya.

Jika anda ingin mendaftarkan nama domain silahkan kunjungi langsung melalui link DAFTAR DOMAIN.

Pengertian Hosting

Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah sebuah tempat penyewaan untuk menampung data-data baik itu berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database yang diperlukan oleh sebuah website sehingga dapat diakses lewat jaringan Internet.

Untuk membuat sendiri server hosting membutuhkan biaya yang mahal karena harus menyiapkan internet dengan kecepatan tinggi dan juga komputer server. Untuk itu bagi anda yang ingin memiliki hosting saya lebih merekomendasikan untuk sewa hosting di perusahaan penyedia hosting diindonesia. Keuntungnya anda tidak perlu mengeluarkan dana yang besar, sudah banyak diindonesia perusahaan yang menyediakan hosting murah anda tinggal pilih sesuai kebutuhan website anda.

Salah satu contoh hosting indonesia dengan harga murah dan kualitas baik adalah niagahostinger.co.id


Keuntungan Menggunakan NiagaHostinger.co.id

hosting murah

  • Akses tercepat dengan server web hosting IIX terbaik
  • Garansi uptime 99.9% dengan bandwidth unlimited
  • Garansi uang kembali 30 hari tanpa syarat
  • Gratis domain selamanya - full akses Domain Manager
  • Gratis SSL/HTTPS untuk keamanan & SEO Anda

Selain keuntungan diatas, banyak juga paket sewa hosting yang ditawarkan oleh niagahostinger diantaranya adalah


Anda tinggal memilih jenis hosting sesuai kebutuhan anda dengan harga yang terjangkau dan pelayanan suport yang baik. Demikian artikel pengertian domain dan hosting yang dapat dijabarkan, semoga artikel ini bermanfaat...

Artikel Terkait :

Silhakan memberi Komentar, Kritik, atau Saran ConversionConversion EmoticonEmoticon