Cara Membuat Blog di Wordpress

Pada kesempatan saat ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan tentang bagaimana panduan cara membuat blog dengan wordpress. Sebelumnya saya akan jelaskan terlebih dahulu tentang apa itu wordpress. Wordpress adalah sebuah CMS (Content Management System) untuk membuat website secara cepat untuk pemula.

Saat ini WordPress menjadi CMS paling populer di dunia website. Platform ini telah mendukung hingga 29% website di mana hampir 60% situs website didunia ini menggunakan CMS. WordPress didirikan pada tahun 2003, dan sejak saat itu sampai saat ini bertumbuh menjadi suatu komunitas yang besar.

Cara Membuat Blog di WordPress

1. Install WordPress di Paket Hosting Anda



Jika anda telah memiliki paket hosting sendiri (cpanel) maka fasilitas installer otomatis sudah ada di cpanel anda jika belum ada maka anda dapat membeli paket hosting di https://www.hostinger.co.id, akses melalui cPanel atau dashboard hosting utama Anda. Ada banyak cara tersedia; namun, semuanya mengikuti langkah dasar yang sama berikut langkah demi langkahnya:

2. Masuk ke dashboard hosting atau cPanel dan buka menu Website > Auto Installer



3. Setelah masuk maka gunakan kolom pencarian untuk menemukan aplikasi WordPress:



4. Setelah memilih wordPress maka Anda akan diminta untuk mengisi formulir kebutuhan website. Setelah itu, klik tombol Install untuk memulai proses instalasi:



Maka tunggu beberapa detik setelah itu website sudah selesai dibuat dengan cms wordpress, untuk panduan selanjutnya anda bisa membaca tutorial berikut cara membuat blog di wordpress lanjutan.

Sedangkan Jika Anda ingin menginstall WordPress secara manual (tidak melalu auto instal cpanel), ikutilah proses penginstallan yang mudah berikut ini :

  • Download terlebih dahulu file zip WordPress.
  • Buat database dan pengguna nya serta berikan semua hak akses penuh terhadap akun hosting Anda.
  • Extrak file wordpress yang telah didownload setelah itu upload file WordPress ke akun hosting di domain Anda.
  • Buka url domain setelah itu iktui proses instalasi WordPress sampai dengan selesai

Itulah tutorial singkat tentang bagaimana cara membuat blog dengan wordpress semoga bermanfaat...

Artikel Terkait :

Silhakan memberi Komentar, Kritik, atau Saran ConversionConversion EmoticonEmoticon