Enkripsi Password Menggunakan Java

Enkripsi Password yang akan saya bahas pada tutorial kali ini yaitu Enkripsi Password dengan teknik algoritma SHA1, sebelum saya bahas tentang Enkripsi Password Menggunakan Java disini saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang tipe enkripsi yang biasa digunakan oleh development software,website,dll yaitu teknik enkripsi MD5 dan SHA1.

Perbedaan dari 2 algoritma ini adalah kalau SHA1 menghasilkan 40bit karakter enkripsi sedangkan MD5 menghasilkan 32bit karakter enkripsi. Sehingga SHA1 memberikan pengacakan lebih banyak sehingga algoritma enkripsi SHA1 lebih aman dibandingkan dengan MD5. Karena alesan ini saya akan bahasnya teknik enkripsi SHA1 menggunakan JAVA :D

ok langsung aja ke tutorialnya, saya anggap klw orang yang sudah masuk ke blog ini dengan keyword judul diatas pasti udah gak newbie lagi dengan pemrograman jadi saya anggep aja pada bisa (walaupun saya juga baru bisa :D)

  • Silahkan buat java class  baru, pada contoh ini saya simpan class ya dengan nama EnkripsiKeSHA1.java
  •  Copy coding berikut ini paste dalam class tersebut :
package amimarketaplikasi.Method;

import java.io.UnsupportedEncodingException;
import java.security.MessageDigest;
import java.security.NoSuchAlgorithmException;

/**
 *
 * @author Ami
 */
public class EnkripsiKeSHA1 {
private static String convertToHex(byte[] data) {
      StringBuffer buf = new StringBuffer();
      for (int i = 0; i < data.length; i++) {
         int halfbyte = (data[i] >>> 4) & 0x0F;
         int two_halfs = 0;
         do {
            if ((0 <= halfbyte) && (halfbyte <= 9)) {
               buf.append((char) ('0' + halfbyte));
            } else {
               buf.append((char) ('a' + (halfbyte - 10)));
            }
            halfbyte = data[i] & 0x0F;
         } while (two_halfs++ < 1);
      }
      return buf.toString();
   }

   public static String getSHA1(String text)
   throws NoSuchAlgorithmException, UnsupportedEncodingException {
      MessageDigest md;
      md = MessageDigest.getInstance("SHA-1");
      byte[] sha1hash = new byte[40];
      md.update(text.getBytes("iso-8859-1"), 0, text.length());
      sha1hash = md.digest();
      return convertToHex(sha1hash);
   }

}
  • Class EnkripsiKeSHA1.java ini lah nanti yang digunakan untuk enkripsi data yang diberikan dimana terdapat 2 method diatas yaitu convertToHex dan getSHA1
  • Untuk penggunaan methodnya pada class lain tinggal kita panggil aja coding ya seperti ini 
 EnkripsiKeSHA1.getSHA1("isi text yang akan di enkripsi")
  • Mudah bukan , hehe tapi maaf saya disini gak sempet mau jelasin maksud codingnya baris per baris karena mata juga udah ngantuk buanget jadi sementara hanya cara pembuatan dan penggunaanya insyllah selanjutnya saya akan bahas, semoga bermanfaat

Artikel Terkait :

Silhakan memberi Komentar, Kritik, atau Saran ConversionConversion EmoticonEmoticon