Keuntungan yang Didapatkan dalam Membeli Hunian Syariah


Diantara poyek-proyek perumahan yang ada di Indonesia di zaman sekarang, perumahan syariah menjadi opsi yang semakin banyak diminati oleh para pencari properti baru.

Dalam beberapa tahun terakhir, opsi tinggal pada hunian syariah menjadi tren di kalangan para pencari properti. Tidak heran beragam proyek hunian syariah bertambah dan mulai menyebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Di Indonesia, penyediaan rumah syariah paling banyak diketahui masih berasal dari kawasan penyanggah ibukota Jakarta, yakni Bogor. Sejak awalnya rumah dijual di Bogor tipe syariah hanya merupakan proyek-proyek eksperimen beberapa developer. Kini rumah dijual di Bogor syariah menjadi komoditas tersendiri untuk para pencari hunian khususnya umat muslim. Saat ini sekiranya lebih dari 30 proyek rumah dijual di Bogor tipe syariah yang dipasarkan di pasar jual beli properti.

Dilansir dari Lamudi.co.id, beberapa rumah dijual di bogor tipe syariah ditawarkan dengan harga terjangkau bahkan hingga menyentuh harga rumah subsidi pemerintah.

Secara definitif, rumah syariah adalah hunian untuk umat muslim dimana dikembangkan dan dikelola oleh developer syariah dengan tata cara pembelian sesuai dengan ketentuan syariah islam.

Sama seperti halnya rumah dijual konvensional, hunian syariah juga memiliki faktor-faktor yang menguntungkan dari beberapa sisi. Selain kualitas bangunannya yang sama bagusnya dengan hunian konvensional serta harga yang cenderung lebih terjangkau, keuntungan paling nyata terlihat pada skema pembayarannya.

lamudi


Skema Pembelian
Bicara tentang keuntungan yang didapatkan para pembeli hunian syariah, skema pembelian adalah faktor utama yang paling disorot. Jika dalam transaksi jual beli hunian konvensional, skema yang digunakan adalah sistem cicilan dengan suku bunga mengambang (floating rate), skema pembelian hunian syariah menggunakan sistem cicilan dengan suku bunga tetap (fixed rate). Dimana pembayaran cicilan dilakukan secara cash bertahap dengan nominal cicilan yang sama dari awal hingga tenggat akhir pembayaran. Fixed rate dipilih untuk menjauhkan kegiatan transaksi pembelian rumah dari aktivitas riba yang sangat dilarang oleh syariah islam. Namun terdapat catatan penting yakni sang pembeli hunian harus menggunakan platform KPR Syariah dari Bank-Bank syariah yang ditunjuk oleh developer.

Kemudahan Tunggakan
Selain term pembayaran cicilan rumah yang berdasar pada fixed rate, kemudahan pembayaran pun juga hadir pada aturan penunggakan.
Siapapun pembeli hunian, tidak ada yang menginginkan untuk menunggak pembayaran. Namun, kondisi keuangan yang mungkin tidak bisa diprediksi menuntut untuk adanya beban pengeluaran tambahan yang mengalihkan pembayaran cicilan. Disini lah faktor kemungkinan tunggakan terjadi.
Tunggakan-tunggakan seperti ini jika terjadi pada hunian konvensional, akan terdapat bunga pembayaran atau denda yang dapat dikatakan menjadi sebuah riba. Untuk meredam terjadinya riba, developer syariah mengubah cara pikir mereka untuk menyikapi permasalahan tersebut.
Developer syariah pada dasarnya menghilangkan denda tunggakan pembayaran, dan menggantinya dengan batas waktu bagi pembeli hunian untuk menyelesaikan pembayaran di tempo waktu lain. Aturan-aturan ini biasanya telah disepakati dua belah pihak sebelum akad berlangsung.

Tidak Ada Penyitaan
Berlanjut dari kemudahan tunggakan, sekalipun sang pembeli gagal untuk melunasi pembayaran dari tenggat waktu pelunasan yang telah disepakati, developer syariah tidak secara langsung melakukan penyitaan rumah tersebut. Sangat berbeda dengan developer hunian konvensional. Penyitaan tersebut justru diganti dengan metode penjualan kembali rumah yang dicicil tersebut oleh sang pembeli secara over kredit kepada pencari properti lain. Biaya hasil dari penjualan rumah over kredit itu yang nantinya digunakan untuk membayar tunggakan cicilan. Dalam hal ini, sang pembeli properti masih tergolong diuntungkan mengingat keberadaan sejumlah nominal bekas cicilan rumah yang ditunggak tersebut yang dimilikinya.

Artikel Terkait :

Silhakan memberi Komentar, Kritik, atau Saran ConversionConversion EmoticonEmoticon